Close Ads Here
Close Ads Here

Pilkades dengan kompleksifitasnya, Harus Melahirkan Memimpin yang Amanah

 


CIANJUR ORBITJABAR.COM - Untuk yang kesekian kalinya, Konsorsium NGO Cianjur (YLBHC, DEWANKOTA, CLC, YAHI, PUSPIDA, P3EM dan eLSAD),  menggelar 'Diskusi Rutin Bulanan", pada Hari/Tgl : Salasa, 28 Juni'22,  jam 13.00 WIB, bertempat :  LBH Cianjur, (Jalan Siti Boededar, Kaum Cianjur).


Diskusi yang ketiga ini, mengambil Topik "Dinamika Pilkades Serentak", dengan Narasumber : 1.Jenal (Sekretaris DPC.APDESI Cianjur), 2.Maulana Hadi (Wakil Ketua Umum Parade Nusantara, 3. Nurdin Hidayatillah, SH, MH (Praktisi Hukum).


"Kegiatan ini bagian dari partisipasi publik, dengan memberikan pendidikan hukum dan politik," demikian dikatakan Ketua YLBHC (Ubun Burhanudin,SH.), dalam sambutannya Selasa (28/06).


Sementatara Koordinator Program, Anton Johari, mengharapkan Kegiatan Diskusi Rutin Bulanan ini, bisa menjadi bahan masukan bagi Peserta, Panitia PILKADES, Eksekutif, Legislatif juga Yudikatif.


Menurut Narasumber, Jenal menyatakan PILKADES serentak Cianjur, yang akan diselenggarakan 17 Juli 2022, di 77 Desa, Pilkades dengan kompleksifitasnya,  harus dimatang dari Tahapan Persiapan juga Pelaksanaannya. 


Adapun Maulana Hadi, Proses Penyelenggaraan Pilkades berjalan sesuai dengan sebagaimana mestinya, dan harus berjalan dengan Kondusif.


Sedangkan Nurdin Hidayatullah, mengatakan, PILKADES rawan dengan potensi Sengketanya, Regulasi Pilkades, harus diatur melalui Undang-Undang Tentang PILKADES, juga Aturan Perda dan Perbup harus mengacu sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.


Salahsatu peserta, Ayah Suhandi, dari HIKAPI (Himpunan Kades Purna Indonesia), mengusulkan agar persyaratan Pilkades, untuk ditinjau kembali, khususnya Bacalon yang berdomisili dari luar Desa, yang menyelenggarakan PILKADES.**(Yd)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama