Close Ads Here
Close Ads Here

BUMDes Bersama Kecamatan Pangkalan Kuras Akan Segera Terbentuk

 


PELALAWAN ORBITJABAR.COM – Camat Pangkalan Kuras Sri Nursari hadiri kegiatan sosialisasi (Musyawarah) perencanaan pembentukan Badan usaha milik desa bersama (Bumdesama) Kecamatan Pangkalan Kuras yang berlangsung di Aula Desa Palas pada hari Selasa 12 Juli 2022..


Turut hadir di acara sosialisasi, Camat Pangkalan Sri Nursari berserta rombongan, Kepala Desa Palas Samsari,A.S. Ketua BPD Desa Palas Sianturi beserta staf dan Pendamping Desa, Ketua Bumdes Palas Andi Sasongko,AP. Tokoh masyarakat serta keterwakilan dari Perempuan.


Ketua Pendamping Desa , Arif, mengatakan, bahwa Bumdesma nantinya merupakan Transformasi dari PNPM yang sudah ada, Dan sekarang berubah namanya menjadi Bumdesa Bersama (Bumdesma).


"Bumdesma merupakan gabungan dari beberapa desa yang mau untuk menanamkan modalnya dalam Bumdesma nantinya sehingga desa memiliki dua Bumdes yaitu Bumdesma dan Bumdes itu sendiri yang nanti akan bersinergi,”paparnya.


Lanjut Arif, Dari PNPM yang sudah berjalan dan nantinya akan menjadi Bumdesma Desa Palas yang merupakan pemegang kelompok PNPM terbesar dan paling aktif bertahan sampai sekarang. Dimana, dari 70 kelompok terdiri dari 16 Desa di Kecamatan pangkalan Kuras 22 kelompok PNPM berada di Desa Palas.


"Bumdes Bersama harus bisa bersinergi dengan Bumdes yang sudah ada di desa sehingga bisa lebih maju dan berkembang bersama,” tutup Arif.


Kepala Desa Palas Samsari, Saat mendengar bahwa 22 kelompok berada di desanya menyampaikan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pengelola PNPM.


"Berharap sangat agar nantinya bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga bisa membawa nama baik Desa dan Kecamatan Pangkalan Kuras tetap terjaga dengan baik setrusnya,” pinta Kepala Desa Samsari, AS.


Camat Pangkalan Kuras Nur Seri dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kelompok PNPM di Desa Palas yang merupakan kelompok terbesar yaitu sebanyak 22 kelompok dan masih aktif sampai sekarang.


"Berharap kedepannya, Bumdes Bersama harus bisa bersinergi dengan Bumdes yang sudah ada di desa-desa sehingga bisa lebih maju dan berkembang bersama,”tutupnya.


Di sesi tanya jawab, para undangan yang hadir terutama dari pengelola Bumdes Palas Bertuah Andi P Sasoko mengharapkan, bisa seiring berjalan dengan Bumdes bersama yang di kelola eks UPK Kecamatan Pangkalan Kuras.(*/tim/Sur).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama