Close Ads Here
Close Ads Here

Universitas Telkom Gelar Pelatihan Fotografi di SMKN 2 Bandung

 


BANDUNG ORBITJABAR.COM - Universitas Telkom menggelar pelatihan Fotografi di SMKN 2 Bandung dengan bertajuk "Abdimas" Pengabdian Kepada Masyarakat, Senin (05/09). 


Fotografi di era digital menjadi salah satu bidang yang digemari generasi Z. Fotografi berkaitan dengan konten sehari-hari baik itu di media sosial maupun di pekerjaan. Untuk meningkatkan teknik fotografi bagi generasi Z.


Abdimas merupakan rangkaian dari pre-event International Photography and Short Movie (IPSM) Festival 2022. Dalam IPSM festival 2022, fotografi menjadi salah satu kategori kompetisi yang dilombakan.


Kegiatan Abdimas yang diselenggarakan pada Senin 5 September 2022 ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa SMKN 2 Bandung dalam fotografi sekaligus mendorong partisipasi dalam IPSM Festival 2022. 


Kegiatan ini menjadi unggulan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengikutsertakan siswa/siswi SMKN 2 Bandung yang terletak di Jalan Ciliwung, Kegiatan ini melibatkan dosen prodi Ilmu Komunikasi Telkom University dengan khalayak sasaran siswa-siswi SMKN 2 Bandung dari kelas jurusan Desain Komunikasi Visual. 


Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah SMKN 2 Bandung Agus Hendrik Rivai, S.Pd. Ia menyebutkan pentingnya fotografi dalam era digital khususnya untuk siswa-siswi dengan jurusan multimedia yang menjadi peserta Abdimas dengan judul ‘Tips dan Trik Fotografi di Era Digital’. Kegiatan ini diisi oleh Adrio Kusmareza Adim, M.A., CEC selaku dosen Universitas Telkom yang memiliki kompetensi dan sertifikasi dalam fotografi. 


Dalam pemaparannya Adrio menyebutkan bahwa melalui fotografi seseorang dapat menunjukkan pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain. Dengan kata lain fotografi dapat menjadi media komunikasi dalam menyampaikan informasi. 


Adrio juga menambahkan bahwa fotografi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu contohnya dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari melalui Instagram. Konten Instagram berupa fotografi ini perlu dibuat menarik dan memiliki makna sehingga bisa menangkap perhatian khalayak di Instagram.


“Pasti teman-teman SMKN 2 Bandung semua punya Instagram, kan? Instagram itu media sosial berbasis foto. Oleh karena itu foto yang ditampilkan perlu memiliki teknik dan pemaknaan yang sesuai dengan yang ingin kita beritahu kepada audience kita.” Ucap Adrio.


Adrio lanjut memperkenalkan dasar segitiga exposure, metering, focus, dan white balance dalam fotografi. Untuk mendapatkan hasil fotografi yang bagus maka sebuah foto perlu untuk diperhatikan eksposurnya, dalam pemaparan materi ini, Adrio juga berpendapat bahwa sebuah karya foto lebih baik dengan hasil karya eksposur rendah daripada eksposur tinggi karena eksposur tinggi akan menghilangkan detail-detail yang terlihat pada foto. 


“Fotografi yang menggunakan shutter speed tinggi biasanya dapat ditemukan pada fotografi olahraga dan fotografi model. Oleh karena itu kita perlu bisa menangkap momen,” kata Adrio


Kegiatan abdimas ini berjalan dengan interaktif, kondusif, dan lancar. Antusiasme ditunjukkan siswa-siswi SMKN 2 Bandung dengan melemparkan pertanyaan dan berdiskusi. Salah satunya, Dhafa Al-fahreza yang bertanya mengenai shutter speed yang cocok untuk mengambil gambar bergerak. Dengan adanya kegiatan abdimas ini, diharapkan siswa-siswi SMKN 2 Bandung lebih tertarik mendalami bidang fotografi.* (Yd)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama