Close Ads Here
Close Ads Here

WJIS 2022, Kang Emil: Tahun Ini Realisasi Inventasi di Jabar Capai Rp83 Triliun



BANDUNG ORBITJABAR.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Jabar konsisten menjadi juara dalam realisasi investasi. Jabar menawarkan proyek investasi senilai Rp59,64 untuk dua sektor, yaitu ketahanan pangan (food security) dan energi terbarukan (renewable energy), Pada gelaran West Java Investment Summit (WJIS) 2022.


"Harapan saya ini menjaga konsistensi investasi di Jabar yang sudah lima tahun berturut-turut  urutan satu dalam jumlah investasi," kata Ridwan Kamil dalam Pembukaan West Java Investment Summit 2022 di Hotel Trans Luxury, Kota Bandung, Rabu (5/10/2022).

 

WJIS 2022 yang mengangkat tema “Investasi Hijau: Ketahanan Pangan & Energi Terbarukan” digelar sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Jabar melalui dorongan investasi. 


Realisasi investasi di Jabar tecatat dari tahun 2021 senilai Rp136,13 triliun dengan menyerap 135.638 tenaga kerja. 


Sedangkan pada semester satu tahun ini realisasi invstasi di Jabar sudah mencapai Rp83 triliun, yang diperkirakan terus bertambah. 


Adapun realisasi investasi tersebut menjadi bekal pemulihan ekonomi saat pandemi COVID-19 dinyatakan telah usai. 


"Tahun lalu (realisasi investasi) sekitar Rp136 triliun, dan sampai hari ini setengah tahun sudah mencapai Rp83 triliun melebihi target setelah pandemi COVID-19 dideklarasikan menjadi endemi," ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. 


Kang Emil menuturkan, beberapa tahun ke depan diprediksi ekonomi global akan mencatat, dan investasi menjadi salah satu tolok ukur dalam pertumbuhan ekonomi daerah, maupun nasional. 


"Seperempat dari kekuatan yang menjaga ekonomi kita adalah investasi karena Rp1 triliun uang masuk lebih dari akan membantu 1.000 lapangan pekerjaan," ucapnya. 


Pada gelaran WJIS 2022 ini hadirkan calon investor dari sejumlah negara, antara lain Italia, Swedia, Singapura, Uni Emirat Arab, Inggris dan Australia. 


Banyaknya calon investor dari berbagai negara yang dikembangkan Provinsi Jabar menjadi incaran sebagai daerah tujuan investasi.* (R-1)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama