Close Ads Here
Close Ads Here

Wujudkan Pelalawan Sejuk, DLH Galakkan Penanaman Pohon




PELALAWAN ORBITJABAR.COM - Bupati Pelalawan, H. Zukri melakukan kegiatan penanaman pohon di dua kecamatan sebanyak 1.750 batang pohon, berjenis pohon ketapang kencana, ekaliptus, meranti dan ramin, Rabu (05/10).


Penanaman pohon ini adalah bagian dari program penghijauan daerah dan untuk menciptakan area yang asri dan menjadi paru-paru daerah dengan berbagai manfaat lingkungan. Demikian keterangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Eko Novitra ST MSi kepada wartawan (5/10).


"Saat ini DLH menggalakkan program penghijauan dengan melakukan penanaman pohon di dua kecamatan, yakni Kecamatan Teluk Meranti dan Kecamatan Pangkalan Kerinci. Adapun spesifikasi pohon yang ditanam, ketapang kencana tinggi 3 meter, pohon ekaliptus tingginya 1 meter, pohon meranti 50 cm dan pohon ramin 50 cm," ujar Eko.


Lanjut Eko, untuk Kecamatan Pangkalan Kerinci ada 1500 batang pohon dan Teluk Meranti ada 250 batang pohon seperti ketapang kencana, ekaliptus, meranti dan ramin.


Adapun untuk Kecamatan Teluk Meranti, kita menanam pohon di daerah Pantai Ogis, lapangan bola dan kantor camat. Kemudian Kecamatan Pangkalan Kerinci disepanjang Jalan Lintas Timur atau Jalan Maharaja Indra.


Alasan program penanaman pohon ini, selain memiliki peran penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global juga memiliki manfaat besar yakni menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup.


"Untuk itu langkah konkret yang dapat ditempuh untuk mengatasi efek negatif yang akan terjadi pada lingkungan, adalah dengan melakukan penanaman pohon demi terciptanya kelestarian lingkungan dan terjaganya kesimbangan iklim. Kita berharap dengan penanaman pohon ini, impian kita mewujudkan Pelalawan sejuk terwujud". ujarnya. (*/Sur)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama