Close Ads Here
Close Ads Here

Nia Rohania: Manfaatkan Medsos, Literasi Digital Sangatlah Penting



CIANJUR ORBITJABAR.COM - Komunitas Sinkron menggelar acara diskusi mingguan, kali ini merupakan pertemuan yang ke dua dengan mengusung tema "Medsos Membawa Traveling ke Luar Negeri".


Acara diskusi tersebut menghadirkan Nara Sumber seorang aktivis perempuan Cianjur yang juga seorang penulis, pengajar sekaligus seorang Advokat, perempuan hebat bernama Nia Rohania, SH, S.Pd, M.Pd, bertempat di Kedai Es-Ka-O Cigalumpit, Jalan Halte Maleber, Cianjur, Minggu (13/10).


Di era digital, hampir semua orang melek dunia media sosial (medsos), bahkan setiap hari kita berinteraksi menggunakan medsos. Medsos bisa menimbulkan efek negatif akan tetapi kalau kita bijak menggunakannya justru banyak manfaat dari bermedsos.



Nia Rohania saat mengisi materi memaparkan pengalaman dirinya sebagai penulis yang sering keliling dunia, traveling ke beberapa negara. 


"Di era saat ini, era literasi digital seperti tidak ada sekat dengan dunia, literasi digital sangatlah penting seperti halnya dalam memanfaatkan medsos," papar Nia.


Media Sosial, Lanjut Nia, memang bisa berpengaruh negatif maupun positif bagaimana kita menggunakannya. 


"Medsos bisa kita manfaatkan, kalau tujuannya ingin traveling ke luar negeri, jelas kunci pertama adalah bahasa inggris harus kita kuasai," lanjut Nia.


Nia Rohania yang juga Ketua LBH Surya Kencana 92 ini melanjutkan, harus bijak dalam menggunakan medsos.


"Berteman di medsos sebaiknya dipilah, berteman dengan orang baik akan menimbulkan pengaruh baik ke kita, berteman dengan orang pintar sedikitnya bisa bertambah ilmu ke kita. Pada dasarnya tidak ada orang pintar ataupun bodoh semua tergantung proses," terangnya.


Baca Juga:

Kadisparbud Cianjur Tak Hadir di Acara Orasi Budaya, Unang Margana: Integritasnya Patut Dipertanyakan


Sementara Faluzia salah seorang praktisi seni dan budaya Cianjur turut memberikan pemaparan dalam diskusi tersebut. Ia menjelaskan pentingnya literasi seperti riwayat nabi disebutkan Iqro,Iqro,Iqro sampai tiga kali.


"Teruslah menggali dan menggali potensi diri, cobalah kita ambil isu dari medsos lalu diskusikan. Di era digital ini, tidak harus fisik kita yang traveling ke luar negeri, tapi karya kita juga. dengan karya yang berkualitas, karya kita bisa mendunia," papar Zia.*(Yd)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama