Close Ads Here
Close Ads Here

Tingkatkan Rasio Kewirausahaan, Kemenkop UKM Gelar Pembinaan Lembaga Inkubator


Jakarta | Orbitjabar.com - Kementerian Koperasi dan UMKM menggelar Kegiatan dan Pembinaan dan Pengembangan Lembaga Inkubator pada hari Kamis s/d Sabtu 13-15 Juli 2023 di Hotel Horison Grand Serpong, Tangerang, Banten.


Sebanyak 30 orang peserta ikut dalam kegiatan tersebut yang merupakan Ketua/Manajer Lembaga Inkubator yang baru berdiri atau belum aktif menyelenggarakan inkubasi usaha.


Lembaga Inkubator merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.


Siti Widharetno Mursalim salah satu Narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang pentingnya Coaching yaitu upaya untuk memaksimalkan potensi pribadi coachee dengan cara menggugah pikiran dan kreatifitas mereka (memberikan stimulus atau inspirasi untuk mereka berkreasi). 


"Dengan kegiatan ini diharapkan Lembaga Inkubator bisa mencetak para tenant meningkatkan pengembangan bisnisnya. Baik untuk skala bisnisnya maupun pada pengembangan kapasitas diri mereka sebagai para owner-nya", ujar Siti.


Sementara Wisono narasumber lainnya yang juga sebagai Fasilitator bagi Lembaga Inkubator Kemenkop UKM RI memaparkan tentang pentingnya Perencanaan Bisnis (Business Plan).


"Pada umumnya orang mempraktikkan usaha, jarang yg merumuskan business model dlm bentuk dokumen, lebih jarang lagi yang menerapkan berpikir secara business model untuk menumbuhkan usaha business model adalah sebuah model dasar yang menjelaskan bagaimana sebuah bisnis dapat menghasilkan keuntungan", paparnya.


Sementara Rizal Paris, salah satu peserta kegiatan yang mewakili lembaga Inkubator Bisnis Universitas Suryakencana Cianjur merasa dapat pembekalan dari kegiatan tersebut untuk dapat mengembangkan lembaganya mencetak para startup, pelaku UMKM dan wirausaha yang tangguh.


"Program ini ditujukan untuk pelaku usaha mikro, maka untuk peserta yang akan masuk ke dalam program ini nantinya ga sembarangan dan dilakukan seleksi. Program mikro Mandiri adalah pendampingan, mereka dibina bisnisnya supaya naik kelas, kapasitas produksinya, inovasinya", jelasnya.


Baca Juga: Presiden Jokowi Ngopi di Jabarano Coffee Park Cikutra Bandung


Program Inkubasi Usaha menjadi salah satu program yang akan membantu meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia. Saat ini rasio kewirausahaan di Indonesia masih tergolong rendah yaitu 3.74 persen dimana rasio kewirausahaan tersebut masih termasuk rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti Vietnam 5 persen, Malaysia 4 persen dan Singapura 9 persen.**(Yd)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama