Close Ads Here
Close Ads Here

Siswa-Siswi SMPN 6 Bandung Belajar Literasi Lingkungan Bersama Telkom University



Cianjur | Orbitjabar.com - Persoalan lingkungan masih menjadi problematika yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Sampah, banjir, polusi udara, dan pemanasan global, adalah sedikit dari banyak persoalan lingkungan yang memerlukan upaya bersama untuk dihadapi. Salah satu upaya menghadapi persoalan lingkungan adalah dengan pendidikan lingkungan melalui pengenalan literasi lingkungan yang masih jarang dibahas. 


Untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan kepada generasi muda, Telkom University mengadakan pelatihan literasi lingkungan kepada siswa-siswi SMP Negeri 6 Bandung. Pelatihan ini diadakan di Kompleks SMP Negeri 6 Bandung Rabu, 8 November 2023.


Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB selama dua jam ini  menghadirkan pembicara Pradipta Dirgantara, S.IP., M.IL., M.Sc yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University. Antusiasme peserta pelatihan ini terlihat dari 243 siswa-siswi yang hadir dan berinteraksi dalam kegiatan. 


Dalam pemaparannya, Pradipta menekankan pentingnya literasi lingkungan sebagai kesadaran dan komitmen aksi untuk menjaga keharmonisan antara manusia dan alam. Menurutnya literasi lingkungan bisa diwujudkan melalui hal sederhana dalam keseharian seperti menggunakan sepeda ke sekolah dan memilah sampah.


Baca Juga: "Jendral Tatang" Datangi Pendopo, Baligho Miliknya Raib, Ironisnya Baligho "Sang Menantu" Berdiri Kokoh


Novita Mira Dewi, S.Pd,M.M., Kepala SMPN 6 Bandung, menanggapi pentingnya literasi lingkungan untuk siswa-siswi sekolah.


“Kegiatan seperti ini bisa menumbuhkan kesadaran lingkungan. Jadi siswa tidak hanya tahu literasi digital, tetapi juga literasi lingkungan. Mereka juga bisa berperan menjaga alam dari dini”, papar Novita.


Pelatihan ini diberikan melalui pemaparan konsep yang bisa dipahami siswa-siswi SMP, pengetahuan tentang perubahan iklim, dan latihan tentang literasi lingkungan.** (R-1)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama