Close Ads Here
Close Ads Here

Jelang Pemilu, MAFINDO Bareng Next Generation Indonesia dan UNPI Gelar Sekolah Kebangsaan "Tular Nalar"



Cianjur | Orbitjabar.com - MAFINDO berkolaborasi dengan Next Generation Indonesia sebagai mitra lokal dan didukung oleh Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur menggelar Sekolah Kebangsaan "Tular Nalar 3.0" dengan tema Penginderaan Hoaks Jelang Pemilu.


Kegiatan yang diprakarsai oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dan didukung oleh Google.org ini dilaksanakan pada Senin, 11 Desember 2023 di Auditorium Yuyun Moeslim Taher kampus UNPI Cianjur.


Kegiatan yang diikuti oleh 100 peserta lebih dari kalangan Mahasiswa UNPI ini akan dibagi menjadi 10 kelompok dan dibekali informasi seputar hoaks khususnya terkait pemilu akan difasilitasi oleh fasilitator dari NXG Indonesia melalui metode Komunikasi Antar Personal (KAP) dan Microteaching.


Pada kesempatan tersebut Kemal dari Komunitas Next Generation Indonesia mengatakan bahwa sekolah kebangsaan ini menargetkan sasaran anak muda gen Z pemilih pemula dalam pemilu nanti.


"Kegiatan ini sudah dilakukan hampir di seluruh provinsi, di Jawa Barat sendiri kita sudah laksanakan di Jabodetabek termasuk Cianjur ini", kata Kemal, Senin (11/12/23).


Kemal berharap dari kegiatan ini para peserta dapat memahami informasi hoaks serta upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi ataupun juga menghadapi serta menangani informasi hoaks yang beredar menjelang pemilu nanti.


"Kita berharap para peserta nantinya dapat menjadi aktor-aktor kunci yang menolak atau pun bisa mencegah hoak terjadi", jelasnya.


"Sebagai pemilih pemula di satu sisi mereka adalah digital native yang ngerti soal teknologi, jadi mereka bisa ngingetin para orang tua kalau misalkan terjadi informasi-informasi hoak", imbuhnya.


Lanjut Kemal, Sekolah Kebangsaan ini terdiri dari beberapa segmen diantaranya segmen Pemilu, Segmen informasi Hoak dan segmen lainya.


"Intinya agar peserta bisa lebih peka lagi mana yang hoak dan mana yang bukan terutama dalam isu pemilu", harapnya.


Baca Juga: Netralitas ASN Dalam Pemilu Dikhawatirkan Publik, LBHC Buka Posko Pengaduan


Sementara Humas UNPI Ferdi menanggapi, sangat berterima kasih kepada semua organ yang memprakarsai terselenggaranya sekolah kebangsaan " Tular Nalar" ini.

 

"Di tahun politik 2024 ini rentan banget terjadi hoak, apalagi sekarang sudah ada AI dan lain sebagainya, jadi buat para pemilih pemula khususnya mahasiswa baru di UNPI ini bisa teredukasi" kata Ferdi.


"Harapannya dengan adanya program "Tular Nalar" ini mereka bisa menjadi lebih paham dan dapat menularkannya ke lingkungan mereka masing-masing supaya terhindar dari informasi hoak", imbuhnya.


Untuk Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui: https://tularnalar.id/ atau 

https://nxgindonesia.or.id/.** (Yd)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama