Close Ads Here
Close Ads Here

Keseruan Pelatihan Public Speaking bersama Telkom University


Bandung | Orbitjabar.comBagi sebagian orang, berbicara di depan publik masih menjadi sebuah ketakutan. Salah bicara, takut dihakimi, tiba-tiba lupa, dan grogi adalah beberapa kendala yang dihadapi orang-orang dalam berbicara di depan publik. Hal itu juga diakui oleh peserta dalam kegiatan Public Speaking bidang hospitality yang diadakan Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University, pada Jumat, 2 Februari 2024 di Bandung Creative Hub. 


Sebagai bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Telkom University mengadakan pelatihan Public Speaking ini agar masyarakat bisa lebih berani dan percaya diri untuk berbicara di depan umum untuk beberapa kegiatan seperti dalam industri perhotelan, media sosial, wawancara pekerjaan, dsb.


Pelatihan ini dihadiri oleh 20 peserta dari beragam komunitas. Salah satunya adalah Crisbar yang fokus pada bidang kuliner. Pelatihan ini dipandu praktisi dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University Pradipta Dirgantara. 


Pelatihan ini diselenggarakan dengan fokus pada praktik dengan bermacam teknik public speaking.


Selama sesi pelatihan dan praktik, peserta juga diberi kesempatan untuk berlatih secara langsung. Partisipan diminta untuk mempresentasikan topik-topik tertentu di depan partisipan lainnya dan dapat menerima umpan balik yang konstruktif.


Kegiatan praktik ini dirancang semenyenangkan mungkin, dimulai dari berkenalan dengan teman yang duduk disampingnya sampai dengan berbicara mengenai hal-hal dalam keseharian. 


Baca Juga: Dibalik Robohnya "Kuda Kosong" Pemborong Mengaku Belum Dibayar


Nurasyifa, salah satu peserta, berpendapat bahwa praktik public speaking ini penting tapi sering dianggap sepele.


"Pelatihan ini bisa membantu kemampuan saya untuk lebih berani dan percaya diri dalam berbicara di depan umum", kata Nurasyifa, Jumat (02/02) di Bandung Creative Hub. 


Diharapkan, pelatihan wicara publik ini bisa mendorong masyarakat untuk bisa lebih berani dan percaya diri dalam berpendapat dan berbicara depan umum untuk beragam keperluan.** (Yd)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama